September 19, 2024

YAYASAN INSAN MULIA BERBAGI

UPZ YIMB Peduli Yatim Dan Dhuafa

Kegiatan santunan 21 April 2022

SANTUNAN ADIK YATIM DAN DHUAFA

Terimakasih ayah bunda atas lanturan tangannya yang telah memberi sedikit rezekinya kepada adik adik kami

Sementara Sahl bin Sa’ad radhiallahu ‘anhu ia berkata: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

Aku dan orang yang menanggung anak yatim (kedudukannya) di surga seperti ini”, kemudian beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam mengisyaratkan jari telunjuk dan jari tengah beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam, serta agak merenggangkan keduanya.” (HR. Bukhari)

Hadits tersebut menunjukkan betapa besarnya keutamaan dan pahala yang akan diperoleh orang-orang yang menyantuni anak yatim, sehingga imam Bukhari mencantumkan hadits tersebut ke dalam bab: keutamaan orang yang mengasuh anak yatim.

Berikut ini beberapa keutamaan memberikan santunan anak yatim yang dilakukan secara rutin:

1. Berkesempatan Menjadi Teman Rasulullah SAW di Surga

Orang-orang mulia yang tulus merawat dan memelihara anak yatim akan masuk surga, berdekatan dengan Rasulullah SAW. Seperti dekatnya jari telunjuk dengan jari tengah, pernyataan ini sesuai hadits yang telah tertulis di atas.

2. Pengasuh Anak Yatim Dijamin Masuk Surga

Meskipun orang yang merawat dan mengasihi anak yatim yang tidak bisa menjadi teman Rasulullah di surga karena suatu sebab. Dia akan tetap dijamin masuk surga oleh Allah SWT.

3. Mendapat Gelar Abror (Saleh atau Taat Kepada Allah)

Keutamaan memberikan santunan anak yatim yaitu menjadi golongan orang-orang yang mendapat gelar abror.

Gelar abror ini biasanya diberikan kepada orang-orang yang saleh dan taat terhadap perintah dan larangan Allah SWT. Keutamaan ini diperkuat dengan adanya surat Al-Insan ayat 5 dan 6.

4. Mendapatkan Pertolongan dari Allah SWT

Menyantuni anak yatim dalam berbagai bentuk kepedulian nyata, merupakan ibadah yang akan mendatangkan berbagai pahala dari Allah SWT. Orang yang menolong anak yatim akan ditolong oleh Allah SWT.

5. Menghindarkan dari Siksa Akhirat

Keutamaan melakukan santunan anak yatim lainnya yaitu terhindar dari siksa akhirat, seperti yang telah dikatakan oleh Rasulullah SAW.:

6. Tabungan Amal untuk di Akhirat

Menyayangi dan menyantuni anak yatim menjadi salah satunya investasi amal untuk bekal di akhirat. Hal ini juga sebagaimana yang telah dikatakan oleh Rasulullah SAW.

7. Mendapat Keberuntungan dan Menjadi yang Terbaik

Keutamaan menyantuni anak yatim selanjutnya adalah sebagai salah satu bentuk ibadah sosial dalam rangka amar makruf yaitu mengajak kebaikan dan nahi mungkar yaitu melarang berbuat maksiat.