Juli 6, 2024

YAYASAN INSAN MULIA BERBAGI

UPZ YIMB Peduli Yatim Dan Dhuafa

Rutinitas Ramadhan Yayasan Insan Mulia Berbagi

Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah bagi umat Muslim. Selama bulan ini, mereka berpuasa dari fajar hingga matahari terbenam.Tak hanya menahan lapar dan haus saja,kita dapat melakukan beberapa kegiatan yang tentu saja menyempurnakan ibadah kita dibulan ramadhan ini.

Kegiatan Sahur Bersama

عَنْ أَنَسٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ تَسَحَّرُوا فَإِنَّ فِي السُّحُورِ بَرَكَةً

Dari Anas bin Maalik Radhiyallahu anhu beliau berkata: Rasûlullâh Shallallahu ‘alaihi wa sallam telah bersabda, “Bersahurlah kalian karena dalam sahur ada keberkahan.”

Dengan bersahur saja kita sudah mendapat keberkahan apalagi jika kita melaksanakan sahur bersama dengnan para adik-adik yatim dhuafa?tentu saja Allah sangat senang akan itu,

Tidak hanya itu,berbagi takjil kepada sesama juga banyak pahalanya loh,sesuai sabda rasulullah,

Barang siapa memberi buka (makan) orang yang berpuasa, maka ia memperoleh pahala seperti pahala orang yang berpuasa tanpa mengurangi sedikit pun pahala orang yang berpuasa itu.

Dalam kitabnya, Imam Nawawi menilai bahwa hadits tersebut sekaligus menjadi seruan untuk umat Muslim berbagi makanan kepada orang puasa karena alasan lain, seperti memupuk tali kasih, tali silaturahmi, dan sebagai bentuk saling tolong-menolong antara sesama kaum Muslimin.

Dalam hadits Rasulullah SAW disebutkan: “Amalan puasa dan bacaan Al Quran akan memberikan pertolongan kepada seorang hamba di hari kiamat. Amalan puasa akan berkata: “Ya Allah aku telah mencegah dia dari makan dan minum di siang hari, maka jadikanlah aku sebagai penolong bagi dirinya”. Sementara pahala bacaan Al Quran akan berkata: “Aku telah mencegah dia dari tidur di malam hari, maka jadikanlah aku sebagai penolong bagi dirinya”. Maka keduanya lalu memberikan pertolongan.” (HR. al- Hakim dan disahihkannya).

Jumat adalah hari yang istimewa bagi umat Muslim dan di bulan Ramadhan, Jumat menjadi lebih istimewa lagi. Berikut adalah beberapa keutamaan Jumat berkah di bulan Ramadhan:

  1. Lebih banyak pahala: Pada Jumat, pahala dari shalat Jumat dilipatgandakan. Selain itu, di bulan Ramadhan, setiap amal kebaikan dilipatgandakan oleh Allah SWT. Jadi, shalat Jumat di bulan Ramadhan memberikan lebih banyak pahala daripada biasanya.

  2. Diberikan kesempatan berdoa: Jumat adalah hari yang penuh berkah dan Allah SWT membuka pintu ampunan-Nya pada hari ini. Di bulan Ramadhan, Allah SWT memberikan kesempatan kepada umat Muslim untuk memperbanyak doa pada Jumat berkah.

  3. Peluang memperoleh ampunan: Di bulan Ramadhan, umat Muslim memperbanyak amal kebaikan dan memohon ampunan kepada Allah SWT. Shalat Jumat berkah di bulan Ramadhan menjadi kesempatan bagi umat Muslim untuk memperoleh ampunan dari Allah SWT.

  4. Mendapat keberkahan: Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah dan rahmat. Shalat Jumat di bulan Ramadhan menjadi kesempatan bagi umat Muslim untuk memperoleh keberkahan dari Allah SWT.

  5. Meningkatkan keimanan: Shalat Jumat berkah di bulan Ramadhan juga dapat meningkatkan keimanan dan ketakwaan umat Muslim. Dengan memperbanyak ibadah pada hari yang istimewa ini, umat Muslim dapat merasa lebih dekat dengan Allah SWT.

Oleh karena itu, Jumat berkah di bulan Ramadhan adalah kesempatan yang sangat berharga bagi umat Muslim untuk memperoleh keberkahan, pahala, ampunan, dan meningkatkan keimanan dan ketakwaan.

Zakat fitrah adalah zakat yang wajib dikeluarkan oleh setiap muslim yang mampu menjelang Idul Fitri. Zakat fitrah dikeluarkan dalam bentuk bahan makanan yang biasanya dikonsumsi sehari-hari seperti beras, gandum, kurma, atau uang untuk membeli bahan makanan tersebut. Zakat fitrah wajib dikeluarkan sebelum shalat Idul Fitri dilaksanakan.

Tujuan dari zakat fitrah adalah untuk membersihkan diri dari kesalahan yang mungkin dilakukan selama berpuasa, serta membantu kaum fakir miskin untuk dapat merayakan Idul Fitri dengan layak dan memadai. Selain itu, zakat fitrah juga sebagai bentuk solidaritas sosial di antara umat Muslim.

Besarnya zakat fitrah berbeda-beda setiap daerahnya.untuk Tangerang Selatan besar zakat yang perlu dikeluarkan adalah 45.000/jiwa.

Tidak hanya itu saja sebenarnya untuk menyempurnakan ibadah kita dibulan ramadhan itu banyak hal baik yang dapat dilakukan,menjaga lisan dan berprasangka baik juga bisa menjadi amalan untuk kita,

Untuk Sahabat yang ingin membantu/bersedekah kepada adik-adik yatim atau membayar zakat idul fitri sahabat bisa klik link dibawah ini ya

https://kitabisa.com/zakatyatimyimb

untuk info lengkap seputar yayasan, sahabat bisa klik link dibawah ini ya..

https://linktr.ee/yimb